Senin, 28 Februari 2011

Aqidah Akhlak - Allah SWT

Allah adalah Rabb, Malik, dan Ilah kita. Apa itu Rabb?
1. Rabb artinya pencipta dan pengatur. Allah yang menciptakan seluruh makhluk, dan mengaturnya. Tanpa-Nya, kita tidak akan ada di dunia ini. Dalil bahwa Allah adalah pencipta dan pengatur seluruh makhluk ada dalam QS. Al-Fatihah (1) ayat 2 yang berbunyi:

alhamdu lillaahi rabbi al'aalamiina

[1:2] Segala puji bagi Allah, Rabb semesta alam



Dalam ayat tersebut, disebutkan bahwa Allah adalah Rabb smesta alam. Ada pula ayat yang menyebutkan bahwa Allah adalah Rabb manusia. Seperti dalam QS. An-Naas (144) ayat 1 yang berbunyi:


qul a'uudzu birabbi alnnaasi

[114:1] Katakanlah: "Aku berlidung kepada Rabb (yang memelihara dan menguasai) manusia.

dalam ayat tersebut, dikatakan bahwa Allah adalah pencipta dan pengatur manusia. Allahlah yang menciptakan manusia. oleh karena itu, kita harus mau untuk diatur oleh-Nya. Dalil bahwa Allah yang menciptakan manusia, ada pada QS. Az-Zumar (39) ayat 6 yang berbunyi:

khalaqakum min nafsin waahidatin tsumma ja'ala minhaa zawjahaa wa-anzala lakum mina al-an'aami tsamaaniyata azwaajin yakhluqukum fii buthuuni ummahaatikum khalqan min ba'di khalqin fiizhulumaatin tsalaatsin dzaalikumu allaahu rabbukum lahu almulku laa ilaaha illaa huwa fa-annaatushrafuuna

[39:6] Dia menciptakan kamu dari seorang diri kemudian Dia jadikan daripadanya isterinya dan Dia menurunkan untuk kamu delapan ekor yang berpasangan dari binatang ternak. Dia menjadikan kamu dalam perut ibumu kejadian demi kejadian dalam tiga kegelapan. Yang (berbuat) demikian itu adalah Allah, Rabb kamu, milik-Nyalah kerajaan. Tidak ada sembahan selain Dia; maka bagaimana kamu dapat dipalingkan?

Dalam ayat tersebbut, dijelaskan bahwa Allah adalah pencipta manusia. Allah sudah memberikan banyak rezeki untuk manusia. Tetapi manusia malah berpaling dari-Nya dan menyembah yang lain.

2. Malik artinya adalah Raja yang menguasai. Artinya, Allah mempunyai kerajaan. Kerajaan Allah berada di langit dan di bumi. Seperti dalam QS. Al-Furqan (25) ayat 2 yang berbunyi:

alladzii lahu mulku alssamaawaati waal-ardhi walam yattakhidz waladan walam yakun lahu syariikun fiialmulki wakhalaqa kulla syay-in faqaddarahu taqdiiraan

[25:2] yang kepunyaan-Nya-lah kerajaan langit dan bumi, dan Dia tidak mempunyai anak, dan tidak ada sekutu bagiNya dalam kekuasaan(Nya), dan dia telah menciptakan segala sesuatu, dan Dia menetapkan ukuran-ukurannya dengan serapi-rapinya.

Dalam ayat tersebut, dijelaskan bahwa Allah memiliki kerajaan di langit dan di bumi. Kerajaan Allah di langit, Wallahu'alam. Sedangkan kerajaan Allah di bumi adalah Din Islam.

maliki alnnaasi

[114:2] Raja manusia.

3. Ilah artinya sembahan. Sembahan yang dicintai oleh hamba-Nya. Dalil tentang Allah adalah Ilah manusia terdapt dalam QS. An-Naas (114) ayat 3 yang berbunyi:

ilaahi alnnaasi

[114:3] Sembahan manusia.

Dalam ayat tersebut, disebutkan bahwa Allah adalah sembahan manusia.

1 komentar:

  1. subhanallah, bagus banget tampilan blognya,,boleh belajar doonk..:)

    BalasHapus